VOKASI UNAIR

Tumbuh Bersama: Kontribusi dan Dampak Kegiatan Magang Mahasiswa di SDN Gajah 2 Demak

Tumbuh Bersama : Kontribusi dan Dampak Kegiatan Magang Mahasiswa di SDN Gajah 2 Demak

VOKASI NEWS – Aksi nyata mahasiswa D3 Perpusatakan selama kegiatan magang di SDN Gajah 2 Demak.

Magang kerja merupakan pembelajaran diluar kelas yang bersifat wajib dilakukan mahasiswa D-III Perpustakaan. Magang kerja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam lingkungan kerja. Terutama dalam bidang yang sesuai dengan studi dan sebagai kesempatan untuk membangun jaringan profesional dengan industri.

Adanya kegiatan ini membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dengan berbekal keterampilan, pengalaman, pemahaman yang lebih baik terkait dengan industri yang sesuai dengan program studi. Linda Khoirunnisa’, mahasiswa D-III Perpustakaan melakukan kegiatan magang selama 6 minggu. Serangkaian kegiatan dilaksanakan sejak tanggal 15 Januari – 05 April 2024. Kegiatan magang ini dilakukan pada Perpustakaan SD Negeri Gajah 2 Demak. 

Kegiatan Magang Mahasiswa

Magang yang dilaksanakan selama 6 minggu memiliki beberapa agenda kegiatan. Diantaranya melakukan kegiatan sirkulasi yang meliputi peminjaman, pengembalian dan perpanjangan peminjaman koleksi, membantu melakukan pendaftaran anggota dan juga inventarisasi koleksi perpustakaan. Selain itu, mahasiswa juga melakukan kegiatan literasi untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan siswa dalam berliterasi. Kegiatan literasi yang dilakukan yaitu story telling, menonton film pendek inspiratif dan juga membantu siswa kelas 1 yang kurang lancar dalam membaca.

Mahasiswa melakukan instalasi SliMS sebagai sistem manajemen perpustakaan. Dengan menggunakan SLiMS perpustakaan dapat meningkatkan efisiensi dalam manajemen koleksi, pencatatan peminjaman dan pengelolaan data pengguna. Tidak hanya melakukan kegiatan sirkulasi dan literasi, dalam rangka meningkatkan kenyaman dan efisiensi penggunaan ruang, mahasiswa bersama dengan pustakawan dan pihak sekolah melakukan agenda penataan ulang ruangan.

Penataan ulang ruangan ini utamanya untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan nyaman bagi pengguna perpustakaan. Hal tersebut dapat terlaksana dengan menyusun ulang area baca, area rak koleksi untuk meningkatkan aksesibilitas koleksi. Selain itu juga memperbaiki pencahayaan dan tata letak furnitur beserta menempelkan poster yang menarik dan informatif untuk pengalaman belajar yang optimal. 

Dampak Positif Kegiatan Magang Mahasiswa Untuk Perpustakaan SDN Gajah 2 Demak

Pelayanan pada perpustakaan yang semula dilakukan secara manual menimbulkan hambatan bagi pengguna dalam mengakses sumber informasi. Alhasil mengakibatkan tantangan dalam pendataan koleksi. Selain itu, juga mengakibatkan waktu pelayanan yang lebih lama dalam proses peminjaman dan pengembalian buku. Dengan adanya sistem automasi perpustakaan menggunakan SLiMS (Senayan Library Management System) yang dibantu pengelolaanya oleh mahasiswa magang mampu meningkatkan pelayanan perpustakaan terhadap pengguna. Kemudahan dalam mengakses sumber informasi dan juga pengelolaan pendataan koleksi perpustakaan yang lebih baik.

Selain itu, kegiatan penataan ulang ruangan memiliki dampak positif bagi perpustakaan dan pengguna perpustakaan. Kunjungan siswa pada perpustakaan sekolah meningkat, siswa mulai melirik Kembali perpustakaan sebagai tempat untuk mencari informasi dan tempat belajar bagi siswa selain ruangan kelas. Adanya kegiatan literasi yang dilakukan pada perpustakaan sekolah juga membuat suasana pada perpustakaan sekolah menjadi lebih hidup dan senang untuk dikunjungi siswa. 

BACA JUGA: Tantangan dan Pengalaman Magang Kerja di Laboratorium RSPAL dr. Ramelan Surabaya Selama Bulan Puasa

Magang memberikan manfaat ganda, dimana mahasiswa mendapatkan pengalaman praktis yang berharga untuk memperkaya pemahaman mereka tentang dunia kerja. Selain itu untuk instansi tempat mahasiswa magang menerima kontribusi segar dari perspektif baru dan energi mahasiswa. 

***

Penulis: Linda Khoirunnisa’

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!