VOKASI UNAIR

Program Magang Mahasiswa UNAIR di SD Muhammadiyah 1-2 Taman, Sidoarjo

VOKASI NEWS – Sebagai bagian dari proyek magang, Muhammad Zaki Linaas Sa’dii, seorang mahasiswa Program Studi D-3 Perpustakaan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, telah berkontribusi dalam kegiatan program magang yang bertepatan di SD Muhammadiyah 1-2 Taman, Sidoarjo. Melalui program magang ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengasah kemampuan dan bakat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karir di masa depan.

Program magang ini dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan dari tanggal 17 Januari hingga 5 Mei 2023. Selama program ini, mahasiswa menghasilkan beberapa produk, salah satunya adalah Program Monopoli Raksasa yang digunakan untuk meningkatkan literasi siswa.

lihat juga: berita UNAIR News

Program Monopoli Raksasa

Design Monopoli Raksasa

Monopoli Raksasa adalah salah satu program yang dirancang oleh Muhammad Zaki untuk meningkatkan literasi siswa di SD Muhammadiyah 1-2 Taman, Sidoarjo. Program ini dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Mei 2023 bertempat di perpustakaan sekolah.

Program ini dilaksanakan secara berkelompok tiga orang yang terdiri dari ketua, bendahara, dan pemecah teka-teki. Setiap anggota kelompok berinteraksi secara langsung, sehingga tidak hanya ketua saja yang bermain. Pelaksanaan program berjalan lancar karena adanya dinamika kelompok yang terjadi, siswa yang sangat interaktif, konsentrasi ketika bermain, saling bekerjasama antara masing-masing anggota kelompok, dan bertanggung jawab ketika kelompoknya terkena hukuman.

Evaluasi pelaksanaan Monopoli Raksasa untuk meningkatkan literasi siswa mencapai 90%. Para peserta didik sangat tertarik dengan visualisasi Monopoli Raksasa yang dirancang oleh mahasiswa Unair ini.

Namun, masih ada kekurangan 10% karena masih ada peserta dari kelas lain yang ikut menyaksikan pelaksanaan sehingga tidak ikut pembelajaran program sebagaimana semestinya. Harapan kedepannya, pelaksanaan Monopoli Raksasa ini bisa diterapkan kembali oleh pihak sekolah pada proses kegiatan belajar mengajar, agar program ini tidak hanya diselenggarakan oleh mahasiswa magang saja, namun bisa dipakai guru wali kelas.

baca juga: Pengalaman cerita magang lainnya

Manfaat Program Magang

Dengan mengimplementasikan keterampilan kerja, mahasiswa dapat mengasah kemampuan dan bakat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karir di masa depan. Selain itu, program magang juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam pengembangan masyarakat.

Sekolah juga dapat memanfaatkan program magang untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan melibatkan mahasiswa sebagai tenaga magang, sekolah dapat memperoleh ide-ide baru dan inovatif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa.

Penulis : Muhammad Zaki Linaas Sa’dii

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!