VOKASI UNAIR

Dampak Sumber Informasi Internet Bagi Mahasiswa

Sekumpulan Mahasiswa yang Sedang Membuka Laptop di Area Lorong Kampus (Sumber: Dokumen Penulis)

VOKASI NEWS – Internet sekarang menjadi sumber informasi yang paling banyak digunakan dan dapat menemukan informasi yang dibutuhkan, termasuk mahasiswa. Menggunakan internet sebagai sumber informasi karena mudah, cepat, tepat, dan akurat. Mahasiswa memiliki berbagai akses melalui internet informasi dan pengetahuan untuk kebutuhan kepentingan akademis mereka yang relevan. Selain itu, internet dapat berdampak negatif pada memori jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya, konsentrasi dan pemahaman mahasiswa mungkin akan terganggu (Leu & Zawilinski, 2007).

Menurut APJII dirilis pada tahun 2016. Data dari 256,2 juta penduduk daripada sebagian besar Indonesia. Jadi 132,7 juta orang menggunakan internet. Hingga 10,3 juta (7,8%) 8,3 juta siswa (6,3%) siswa dalam konfigurasi ini. Data menunjukkan bahwa penggunaan internet untuk rekreasi dalam pendidikan sangat tinggi, sejauh ini naik ke tingkat menengah.

Internet merupakan salah satu alternatif pencarian informasi untuk mahasiswa selain perpustakaan. Internet memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh sumber informasi lainnya, yaitu dapat diakses dari berbagai lokasi tanpa batas jarak, ruang maupun waktu. Perkembangan teknologi Internet telah mengubah pola perolehan informasi komunikasi, tidak lagi dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Karena berkat kehadiran Internet, mereka dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan di mana saja dan kapan pun. (Adri, 2007).

Berkat internet, mahasiswa dapat mengakses semua informasi di dalam negeri maupun di luar negeri. Semakin banyak sumber daya yang dimiliki mahasiswa diharapkan dapat membantu kelancaran proses pembelajaran sehingga dapat mempercepat studinya. Mahasiswa membutuhkan informasi yang tepat, konsisten, ekonomis, cepat, dan mudah didapat. Saat ini, mahasiswa menghadapi sejumlah masalah seperti banjir informasi, informasi yang tidak tepat, konten informasi yang tidak akurat, informasi yang kurang relevan, dan bahkan informasi yang tersedia, tetapi tidak dapat dipercaya (Blasius Sudarsono, 2009). 

Tantangan yang Dihadapi Lembaga Informasi

Masalah ini menjadi tantangan bagi penyedia informasi. Informasi menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian pengguna, sehingga jika kebutuhan informasinya tidak terpenuhi akan menjadi masalah bagi pengguna. Kebutuhan informasi yang dibutuhkan pengguna ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka, yang pada gilirannya dapat mengubah sikap dan perilaku. Kebutuhan informasi setiap pengguna berbeda dari pengguna ke pengguna.

Frustrasi dengan minimnya sumber informasi yang tersedia di perpustakaan, sedangkan di internet, sumber informasi ini semakin kaya dan dapat dengan mudah dicari hanya dengan mengetikkan kata kunci pencarian, hal ini jelas menjadi salah satu faktor utama motivasi kepercayaan mahasiswa pada internet dalam kegiatan akademik mereka. Banyak buku tidak dapat ditemukan di perpustakaan tetapi dapat ditemukan dalam teks lengkap (e-text). Internet memiliki dampak negatif dan positif bagi penggunanya. Jika digunakan dengan benar, itu akan memberikan efek positif, dan pada saat yang bersamaan jika disalahgunakan juga akan berdampak negatif. Sebagian besar mahasiswa menggunakan Internet untuk kebutuhan mereka sebagai mahasiswa, termasuk membutuhkan browsing, resource, searching, email, dan mailing list (Yunelti, Marjohan, Nurfarhana, 2013).

Penggunaan internet masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh mahasiswa. Karena mudahnya akses informasi dan data, disalahgunakan untuk mencari informasi yang berbau negatif dan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pembelajaran, seperti: game online, toko online atau shopping, youtube dan jejaring sosial. Penggunaannya sebagai sarana hiburan memang wajar, namun jika berkepanjangan akan menghambat efisiensi belajar mahasiswa.

Keunggulan Internet Menurut Mellki A.P

  1. Perpustakaan besar;
  2. Media komunikasi;
  3. Fasilitas promosi dan publikasi;
  4. Media bisnis;
  5. Pertukaran data dan;
  6. Mengurangi biaya produksi.

Jaringan di era sekarang tidak hanya digunakan untuk mencari informasi atau melakukan pembelian, tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi sosial.

Keuntungan Internet Bagi Mahasiswa

  • Komunikasi dan Kolaborasi

Hal pertama yang memungkinkan mahasiswa untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan teman sekelas, dosen, dan pakar di bidangnya. Ini dapat membantu memperluas jaringan sosial mereka dan membangun hubungan yang sukses di masa depan.

  • Efisiensi Waktu

Kemudian dengan membantu mahasiswa menghemat waktu untuk meneliti informasi dan menyelesaikan tugas. Mereka dapat mengakses berbagai sumber online.

  • Pengembangan Keterampilan

Selain itu juga dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan seperti menulis, presentasi, dan menganalisis data. Mereka dapat belajar dari sumber online dan melatih keterampilan tersebut dalam proyek dan tugas yang mereka lakukan.

baca juga: Implementasi Library Laboratorium

Penulis: Inneke Nashfa Zhafarina

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!