VOKASI UNAIR

Kolaborasi 3 Prodi dari Departemen Teknik dalam Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat di Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo

Kolaborasi tiga prodi departemen teknik dalam melakukan pengabdian masyarakat/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Kolaborasi tiga prodi Departemen Teknik Fakultas Vokasi UNAIR untuk menyelenggarakan pengabdian masyarakat di Kampoeng Batik Jetis Kota Sidoarjo.

Pengabdian masyarakat menjadi salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Departemen Hubungan Masyarakat, Himpunan Mahasiswa Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol. Kegiatan ini bisa terselenggara berkat kolaborasi tiga program studi yang berada di bawah naungan Departemen Teknik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kampoeng Batik Jetis, Kelurahan Lemahputro, Sidoarjo pada Minggu (3/9).

Bertujuan untuk Meningkatkan Sinergitas HIMA D4 TRIK

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara mahasiswa Himpunan Mahasiswa D4 TRIK. Bagi masyarakat, kegiatan itu dilakukan untuk memberikan edukasi tentang penggunaan energi listrik. Anak-anak juga ditunjukkan dengan beragam inovasi penerapan teknologi dalam bidang akademik.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana, Ketua Himpunan Mahasiswa D4 TRIK dan ketua karang taruna. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pembelajaran berisi materi menarik mengenai pemakaian energi listrik dan teknologi yang inovatif. Materi tersebut dijelaskan oleh mahasiswa dari Prodi TRIK. Audiens dalam pemaparan materi tersebut ialah anak-anak, tujuannya untuk memberikan motivasi.

[BACA JUGA: RADJAR 2023: Pengembangan Kreativitas Anak Kampung Songo dalam Mengolah Sampah Kering Menjadi Karya Tangan]

Berbagi Ilmu dengan Anak-anak
Potret saat kegiatan pengabdian masyarakat di Sidoarjo/dokumen istimewa

Potret saat kegiatan pengabdian masyarakat di Sidoarjo/dokumen istimewa

Tidak hanya menyampaikan materi mengenai pemakaian energi listrik dan teknologi yang inovatif namun kegiatan tersebut juga diisi games yang dilakukan bersama peserta dengan menggunakan robot line follower yang dijalankan langsung oleh anak-anak. Para peserta terlihat sangat antusias dengan materi robotika dan kelistrikan yang dijelaskan oleh mahasiswa TRIK. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama seluruh panitia dan peserta. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan diharapkan informasi yang telah diberikan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat setempat khususnya anak-anak mengenai pemakaian energi listrik. Selain itu kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat saja tetapi juga memberikan pengalaman serta meningkatkan kreativitas kita sebagai mahasiwa dalam membantu mewujudkan semangat kontribusi nyata dalam perkembangan pendidikan di Indonesia melalui inovasi teknologi.

***

Penulis : Widya Andina Rahmawati

Editor  : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!