VOKASI UNAIR

5 Skill Penting dalam Bahasa Inggris dan Tips dalam Meningkatkannya

Skill Penting dalam Bahasa Inggris dan Tips dalam Meningkatkannya

VOKASI NEWS – Mempelajari bahasa inggris mungkin bukanlah suatu hal yang muda, apalagi jika bahasa tersebut tidak familiar sedari kecil.

Dalam belajar Bahasa Inggris disarankan untuk Fokus dengan 4 keterampilan dasar dalam Bahasa Inggis yaitu listening, speaking, reading dan writing. Berikut beberapa skill penting dalam Bahasa Inggris dan tips untuk meningkatkan skill tersebut dengan mudah.

Listening

Dalam belajar suatu bahasa, akan lebih mudah apabila belajar dengan media yang disukai. Media biasanya berperan penting dalam melatih kemampuan listening. Contohnya, seseorang yang suka lagu akan lebih mudah dan menyenangkan belajar dengan mendengarkan lagu, dan lain sebagainya.

Apabila sering mendengarkan media yang berbahasa inggris, maka lama-lama akan terbiasa dan familiar dengan kata, kalimat, dan idiom Bahasa Inggris. Oleh karena itu, untuk mengasah kemampuan listening dapat dilakukan dengan menonton film, mendengarkan musik, podcast Bahasa Inggris ataupun yang lainnya.

Speaking

Dalam melatih kemampuan speaking, sebenarnya tidak harus bercakap-cakap dengan orang lain, bisa latihan sendiri terlebih dahulu. Contohnya yaitu berbicara di depan kaca dengan berpura-pura seolah sedang wawancara, menjadi komentator di dalam sebuah forum, dan lain-lain.

Speaking juga dapat melatih pronunciation, yaitu dengan merekam ketika sedang latihan speaking, lalu evaluasi. Menonton film juga bisa melatih speaking, yaitu dengan mengamati dan meniru bagaimana aktor atau aktris tersebut berbicara, lalu apabila ingin belajar speaking dengan interaksi langsung, dapat juga belajar dengan native speaker lewat sosial media.

Reading

Terkadang, membaca adalah hal yang membosankan. Maka dari itu pemilihan media adalah hal yang penting untuk meningkatkan minat baca. Bisa dengan membaca novel Bahasa Inggris, atau membaca berita dari media Bahasa inggris, selain dapat mengasah kemampuan reading, juga dapat menambah wawasan kita terhadap dunia.

Untuk yang kurang suka membaca berita, bisa disiasati dengan menyesuaikan genre bacaan dengan minat masing-masing, misalnya dengan memilih bacaan yang bergambar seperti komik, webtoon, atau Novel dengan genre favorit masing-masing.

Writing

Untuk mengasah kemampuan writing, bisa dicoba untuk mulai journaling atau menulis diary dengan Bahasa inggis. Bahasanya tidak perlu rumit, cukup dengan menulis apa yang dilakukan dalam keseharian, apa perasaan yang dirasakan di hari itu, rencana untuk hari esok seperti apa, dan lain lain. Dapat juga menuliskan opini atau komentar kita terhadap suatu hal.

Untuk tambahannya, ada suatu hal yang tak kalah penting dari 4 keterampilan dasar dalam Bahasa Inggris diatas, yaitu:

Structure

“Practice makes perfect” itu bukan hanya sekedar jargon, kemampuan structure, dapat dilatih dengan latihan soal, karena dengan latihan soal dapat membuat otak terbiasa dengan pola structure.

Latihan soal juga berguna untuk mengevaluasi mana yang salah mana yang benar, bisa melihat macam-macam contoh kalimat. Dengan berlatih kita belajar dari kesalahan. Latihan soal bisa dilakukan lewat aplikasi atau web.

Selain berlatih dengan soal, bisa juga dengan bermain game yang berhubungan dengan structure. Di zaman yang serba maju ini, banyak sekali website dan aplikasi yang menawarkan Latihan soal structure secara gratis, dan kita dapat memanfaatkan internet dengan baik.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, jangan lupa untuk konsisten dalam belajar, karena konsisten adalah kunci paling ampuh dalam belajar suatu bahasa. Serta jangan lupa untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan nyaman, agar selalu semangat dalam belajar.

BACA JUGA: Pentingnya Menguasai Bahasa Asing Bagi Manajemen Perkantoran Digital

***

Nama Penulis: Aprilia Larasati

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!