VOKASI UNAIR

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Sarjana Terapan dan Ahli Madya Kesehatan Periode Desember 2023

Pelantikan dan Sumpah Profesi Kesehatan Periode Desember 2023

VOKASI NEWS – Fakultas Vokasi UNAIR kembali melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah profesi Sarjana Terapan dan Ahli Madya Kesehatan. Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah profesi kali ini dilaksanakan secara offline di Gedung Aula Fakultas Vokasi UNAIR (22/11/2023). Pelantikan dan sumpah profesi yang dilaksanakan secara khidmat ini telah sukses dilaksanakan oleh Fakultas Vokasi UNAIR.

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M.Kes. selaku Dekan Fakultas Vokasi, Prof. Dr. Tika Widiastuti selaku Wadek I, dan Dr. Eighty Mardiyan selaku Wadek II. Selain itu, Prof. Dr. Elly Munadziroh selaku ketua DPKKA UNAIR juga turut hadir melancarkan jalannya kegiatan .

Pelantikan dan Sumpah Profesi Kesehatan

Kegiatan diawali dengan pelantikan dan sumpah profesi yang dipimpin langsung oleh Prof. Anwar serta para pemimpin agama. Seperti yang perlu diketahui, sumpah profesi merupakan syarat awal mahasiswa kesehatan sebelum bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya sebagai tenaga kesehatan. Oleh karena itu, dengan adanya sumpah profesi ini diharapkan mahasiswa dapat mengemban amanah secara professional.

Pelantikan dan sumpah profesi kali ini diikuti oleh 91 calon sarjana terapan dan ahli madya kesehatan. Terdiri dari 11 mahasiswa D4 Pengobatan Tradisional, 24 mahasiswa D4 Teknologi Radiologi Pencitraan, 8 mahasiswa D4 Fisioterapi, 46 mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik, dan 2 mahasiswa dari D3 Keperawatan.

Asosiasi Profesi

Pelantikan dan sumpah profesi ini bukanlah sekedar syarat keprofesionalitasan mahasiswa kedepannya. Namun, juga diharapkan menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk tetap saling terhubung satu sama lain. Hal tersebut juga sempat ditekankan oleh Prof. Anwar agar mahasiswa dapat tetap terhubung melalui asosiasi profesi kesehatan.

“Asosiasi profesi adalah mitra bagi kita semua. Melalui asosiasi ini, mahasiswa profesi dapat membangun sinergi yang lebih baik. Dengan sinergi yang membahagiakan, ilmu yang anda terapkan akan semakin dikembangkan,” pesan Prof. Anwar

Maka dari itu, mahasiswa yang dilantik pada kesempatan ini diharap dapat tetap terhubung untuk menjalin komunikasi serta peluang kerja yang mungkin didapatkan antar mahasiswa. Oleh karena itu, DPKKA UNAIR telah memiliki solusi efektif yang dapat membuat mahasiswa tertap terhubung.

Dalam kegiatan pelantikan dan sumpah profesi kali ini, Prof. Elly selaku ketua DPKKA UNAIR mengenalkan program Tracer Study. Tracer study merupakan program persiapan karir bagi mahasiswa yang telah lulus. Jadi, dengan adanya tracer study, karir mahasiswa kedepannya dapat dipantau oleh UNAIR.

BACA JUGA: Writing Class for Himanis (WICLIN)

Tidak hanya memantau karir mahasiswa, namun tracer study juga dapat digunakan bagi mahasiswa untuk mempersiapkan karirnya. Contohnya yaitu pelatihan wawancara atau CV, konseling karir, hingga konseling usaha. Jadi, tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa yang sudah memiliki pekerjaan, namun juga bermanafaat bagi mahasiswa yang mungkin masih ragu dengan pilihannya.

Dengan adanya kegiatan pelantikan dan sumpah profesi ini, mahasiswa yang dilantik diharapkan dapat bertanggung jawab akan kewajiban yang telah diberikan. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat menerapkan ilmu dan kompetensi yang didapatkan kepada masyarakat luas, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan tenaga kesehatan. Semoga bermanfaat dan tetap semangat, Voks!

***

Penulis: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!