VOKASI UNAIR

Mengoptimalkan Pelayanan Kesehatan dalam Manajemen Sampel Pra Analitik di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo

Mengoptimalkan Pelayanan Kesehatan Peran Penting Manajemen - Pradnya Aindy

VOKASI NEWS – Bertempat di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Mahasiswa prodi D-III Teknologi Laboratorium Medis telah melaksanakan kegiatan PKL. Pada tanggal 29 Desember 2023 lalu, mahasiswa D-III TLM tersebut telah menyelesaikan kewajibannya dalam bertugas. Seperti yang perlu diketahui, kegiatan ini merupakan salah satu program wajib dalam penuntasan studi perkuliahan mahasiswa

Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Kegiatan PKL ini bertujuan untuk menambah ilmu Mahasiswa dalam bidang laboratorium medis dan mengembangkan kemampuan Mahasiswa selama kuliah yang diaplikasikan dalam dunia kerja. Rangkaian kegiatan PKL diawali pada tanggal 6 November 2023 hingga 29 Desember 2023.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa mendapat ilmu dengan berkontribusi di laboratorium di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo seperti laboratorium Patologi Klinik, Patologi Anatomi, laboratorium IGD dan juga BDRS. Selama dua bulan menjalani PKL, mahasiswa dibagi secara bergiliran untuk melaksanakan PKL di 4 laboratorium tersebut. Dari kegiatan ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan baru selain pengerjaan sampel seperti pelayanan medis, cara komunikasi dengan pasien, hingga manajemen sampel. 

Pelayanan Laboratorium RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo

Sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Kota Mojokerto, RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo memberikan banyak pelayanan laboratorium yang lengkap, dengan berbagai macam alat canggih. Beberapa pelayanan tersebut meliputi

  1. Pemeriksaan kimia klinik darah,
  2. Hematologi lengkap,
  3. Mikrobiologi,
  4. Transfusi darah, hingga
  5. PCR.

Alat-alat canggih yang ada di laboratorium selalu dikontrol setiap hari, sehingga pelayanan dalam laboratorium akan cepat dan akurat. Beberapa contoh alat alat yang digunakan adalah Architect C4000 untuk pemeriksaan kimia klinik, Sysmex untuk pemeriksaan hematologi, hingga GenExpert sebagai deteksi cepat penyakit TBC. 

Manajemen Pra Analitik Sampel

Gambar 1. Pemberian Labelling dan Nomor pada Sampel

Meski dengan menggunakan alat yang canggih, tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan pemeriksaan. Salah satu hal fatal yang menjadi penyebab kesalahan pemeriksaan adalah kesalahan pra analitik yang meliputi identitas dan labelling. Pada RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo, manajemen sampel pra analitik menjadi hal penting yang harus dilakukan dengan baik.

Salah satu manajemen yang membudaya di laboratorium tersebut adalah penggunaan lembar permintaan pemeriksaan yang biasa disebut dengan blanko. Setiap hari, dua analis akan berkeliling ke ruang rawat inap untuk mengambil sampel pasien dimana analis akan mendapatkan blanko dari setiap pasien. Setiap permintaan pemeriksaan pada blanko harus di highlight dengan pena penyorot berwarna. Hal ini dapat mencegah terjadinya kekurangan pemeriksaan akibat kurang telitinya pegawai, sehingga semua permintaan pemeriksaan yang diajukan dapat dikerjakan tanpa ada yang terlewat. 

BACA JUGA: Strategi Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Produk Gkb Centro Di PT. Bumi Lingga Pertiwi

Selain diberi penanda, pada blanko tiap tabung sampel dan blanko pemeriksaan kimia klinik, imunologi, faal hemostasis akan diberi nomor urut berdasarkan pemeriksaannya. Angka untuk blanko dengan pemeriksaan kimia klinik, romawi untuk blanko dengan hanya pemeriksaan imunologi/ serum elektrolit/ faal koagulasi.

Setelah diberi nomor urut, permintaan pemeriksaan pada setiap blanko ditulis pada buku dan cantumkan pula nomor sampelnya. Tujuan dari penulisan pada buku yaitu untuk mendata pemeriksaan dan hasil pemeriksaan, sehingga jika terjadi error pada sistem LIS, laboratorium masih mempunyai simpanan data pemeriksaan secara tertulis.

Kesan Mahasiswa PKL di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo

Mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman setelah menjalani PKL di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo. 

“Alhamdulillah selama pelaksanaan PKL, mahasiswa sangat senang mendapatkan kesempatan untuk belajar di laboratorium RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo, karena para pegawai menyambut dan menerima dengan hangat, seperti menjadi rekan kerja sejak lama” ucap salah satu mahasiswa D3 TLM Unair.

***

Penulis: Pradnya Aindy Rada Safira

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!