VOKASI UNAIR

Analisis Kualitas Citra Radiography Kepala dengan Pesawat Portable Digital Radiography Menggunakan Virtual Grid

Analisis Kualitas Citra Radiography Kepala/dokumen dari penulis

VOKASI – Kualitas citra radiography kepala dengan pesawat portable digital radiography menggunakan virtual grid dalam penelitian mahasiswa.

Anatomi Kepala

Sebagai informasi, anatomi kepala dibentuk oleh tulang-tulang yang saling berhubungan satu sama lain dengan perantara sutura. Tengkorak kepala terdiri dari tiga lapisan tabula eksterna, diploe dan tabula interna. Trauma kepala merupakan masalah global yang menjadi penyebab utama kematian, kecacatan dan masalah mental. Adapun trauma kepala sering muncul dalam bentuk edema cerebri, yaitu akumulasi carian intraseluler atau ekstraseluler di ruang otak, atau pendarahan intracranial, yang mengakibatkan meningkatnya tekanan pada midsagittal. Trauma kepala dapat ditegakkan dengan melakukan pemeriksaan radiologi.

Pesawat Portable Digital Radiography

X-ray portable digital radiography dapat mewakili sebuah kemajuan teknologi terbesar dalam pencitraan medis dalam dekade terakhir. Analogi yang tepat dan mudah dipahami pada X-ray portable digital radiography yaitu memiliki akuisisi real-time. Selain itu ada juga pasca-pemrosesan real-time, teknik nirkabel, pengarsipan data dan lebih ramah lingkungan. Hal itu karena tidak menggunakan bahan kimia untuk memprosesing hasil citra radiography. Kekurangan X-ray portable digital radiography memiliki bobot yang cukup berat. Pesawat ini akan menghasilkan kualitas gambaran yang bagus.

Virtual Grid

Virtual grid adalah sistem pemrosesan digital yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas citra dengan fokus pada peningkatan nilai kontras. Sistem ini berupaya mengurangi efek hamburan yang tampak pada citra radiografi. Virtual grid mempengaruhi kualitas gambaran yang dihasilkan. Tujuan dilakukan penelitian terkait virtual grid yaitu untuk mengetahui untuk menganalisis kualitas citra radiography kepala dengan pesawat portable digital radiography menggunakan virtual grid.

Kualitas citra radiography mencerminkan sejauh mana citra tersebut mampu memvisualisasikan struktur anatomi objek yang sedang diperiksa. Kualitas citra yang dianalisis pada penelitian ini yaitu SNR, CNR dan Noise pada radiography kepala proyeksi AP, AP Axial 150, AP Axial 300 dan Lateral.

Analisis Kualitas Citra

Penelitian ini menggunakan faktor eksposi yang sama yaitu kV 75 dan mAs 2,5 serta mengunakan rasio virtual grid yang sama yakni 1:5. Hasil dari pengukuran tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail mengenai SNR, CNR, dan tingkat noise. Hasil yang didapatkan yaitu nilai SNR tertinggi terjadi dalam proyeksi anteroposterior dengan nilai 19,363 dan nilai terendah berada pada proyeksi lateral dengan nilai 2.200. kemudian nilai CNR tertinggi terjadi dalam proyeksi lateral dengan nilai 93,511 dan nilai terendah berada pada proyeksi anteroposterior 17,193 dan Nilai noise terendah terdapat pada proyeksi anteroposterior dengan nilai 178,724.

BACA JUGA: Tasyakuran Capaian Kinerja 2023 dan Pelepasan Pegawai Purna Tugas periode 2021-2023

***

Penulis:

Moh Hidayat*, Lailatul Muqmiroh¹, Falentina Syvasari²

Teknologi Radiologi Pencitraan, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga

Moh.hidayat-2022@vokasi.unair.ac.id

Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!