VOKASI UNAIR

Recharging Persiapan Semester Genap 2023/2024 Sebagai Bekal Mahasiswa dan Dosen Vokasi

Recharging Persiapan Semester Genap 2024 Sebagai Bekal Mahasiswa dan Dosen Vokasi_Dokumen Istimewa

VOKASI NEWS – Pada Kamis (25/1) Fakultas Vokasi menyelenggarakan kegiatan recharging persiapan pembelajaran semester genap 2023/2024. Bertempat di Aula Lantai 3 Gedung A Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, kegiatan berlangsung dengan lancar. Kegiatan ini diselenggarakan untuk membantu mahasiswa dan dosen mempersiapkan diri serta akademik dalam menghadapi perkuliahan semester genap.

Acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si. selaku Wakil Dekan I dan Bapak Novianto Edi Suharno, SS.T.Par., M.Si selaku Wakil Dekan III. Selain itu, seluruh Kepala Departemen, Sekretaris Departemen, serta Dosen baik dari kampus di Surabaya, Gresik, maupun Lamongan juga turut hadir untuk mempersiapkan perkuliahan mendatang.

Kegiatan Rutin Recharging

Perlu diketahui, kegiatan recharging persiapan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Fakultas Vokasi UNAIR setiap semesternya. Hal tersebut bertujuan agar proses pembelajaran yang diberikan oleh dosen tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa sesuai prosedur yang ada. Hal tersebut karena berkaitan dengan sistematika perkuliahan, diluar dari materi ataupun kontrak yang disampaikan oleh dosen.

Pada kesempatan kali ini, terdapat dua narasumber yang akan membagikan ilmu dan pemahaman akan mekanisme perkuliahan di semester genap 2023/2024. Adapun dua narasumber kegiatan kali ini sebagai berikut:

  1. Syahrur Marta Dwi Susilo, S.S.,M.A.,Ph.D selaku Sekretaris Direktorat Pendidikan UNAIR, dan
  2. Dr. Sri Winarsi, SH., MH., QGIA selaku Sekretaris Badan Pengawas Internal (BPI) UNAIR.

Kebijakan Aturan dan Mekanisme Pembelajaran

Dalam kegiatan recharging persiapan ini, materi yang disampaikan merupakan tentang “Kebijakan Aturan dan Mekanisme Pembelajaran di Semester Genap 2023/2024.” Dalam penyampaiannya, Bapak Syahrur Marta menyampaikan jika 1 SKS setiap mata kuliah terdiri dari 45 jam pembelajaran selama satu semester. Adapun pembelajaran perkuliahan tersebut harus dilaksanakan secara offline agar ilmu yang diberikan bisa tersampaikan dengan mudah dan jelas oleh mahasiswa.

Selain itu, Bapak Syahrur Marta juga menyebutkan jika penyampaian pembelajaran di kelas dapat disampaikan dengan berbagai macam cara. Adapun salah satunya dapat berupa seminar, diskusi, tutorial, maupun pembelajaran lainnya yang dirasa efisien bagi dosen maupun mahasiswa. Dalam aspek penilaian, beliau juga menyampaikan bahwasannya penilaian mahasiswa nantinya tidak hanya sebatas penilaian tugas dan nilai UTS/UAS. Namun, terdapat juga komponen penilaian untuk partisipasi mahasiswa, hasil proyek, dan komponen nilai lainnya.

BACA JUGA: Kuliah Tamu University of Melbourne: Tingkatkan Wawasan Civitas Akademika Vokasi UNAIR

Dengan adanya kegiatan recharging ini, diharapkan seluruh hadirin yang hadir dapat memahami lebih dalam mengenai mekanisme perkuliahan di semester yang akan datang. Selain itu, aspek aspek lain selain mekanisme pembelajaran juga diharapkan dapat lebih ditingkatkan. Hal tersebut berkaitan dengan perkembangan kualitas Fakultas Vokasi UNAIR, entah dalam aspek akademik maupun kegiatan lain seperti MBKM.

‚ÄúTerdapat banyak hal yang menjadi program prioritas untuk memaksimalkan implementasi program MBKM (Merdeka Belajar Kampur Merdeka). Hal ini karena target MBKM Fakultas Vokasi setiap tahun selalu meningkat,” ucap Bu Tika dalam sambutannya.

***

Penulis: Galuh Candrawati
Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!