VOKASI UNAIR

Monitoring dan Evaluasi (MONEV) II

Monitoring dan Evaluasi (MONEV) II

VOKASI NEWS – Badan Legislatif Mahasiswa Fakultas Vokasi menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) II

Monitoring dan Evaluasi (MONEV) II yang merupakan program kerja dari Komisi Pengawasan BLM Fakultas Vokasi 2023 telah diselenggarakan pada tanggal 30 Desember 2023. Program kerja ini diselenggarakan dengan maksud tujuan untuk Mengamati dan memantau kinerja anggota Badan Legislatif Mahasiswa untuk memastikan bahwa mereka melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka sesuai dengan peraturan dan aturan yang berlaku, dari BEM Fakultas Vokasi Kabinet Cakrabinaya 2023, dan untuk melanjutkan program kerja dari komisi Pengawasan BLM Fakultas Vokasi 2023.

Kegiatan Monev II sendiri dihadiri oleh 6 Kementerian dari 12 Kementerian yang ada di BEM Fakultas Vokasi Kabinet Cakrabinaya, hasil dari Monev II antara lain:

Kementrian Ilmu Dan Prestasi

Semua program kerja telah terlaksana, terdapat beberapa kendala tepatnya pada Vokasi Goes to Olivia yang tidak melakukan pembinaan sehingga Vokasi Goes to Olivia. Kementrian ilpres menanyakan dimana keberadaan pihak blm untuk mengawasi jalannya VGO, karena seharusnya saat pembinaan tidak terlaksana menjadi evaluasi pihak kementrian yang dapat disampaikan oleh pihak blm. Namun, akibat pihak BLM tidak memberikan evaluasi, sehingga VGO tetap berjalan meskipun tidak terdapat pembinaan.

Kementrian Sosial Dan Politik

Semua program kerja bejalan dengan lancar, GERVOKS (Gerakan Vokasi), VOTRIK (Vokasi Rotrarika), dan RUBIK (Ruang Bincang Vokasi). RUBIK sudah terlaksana, dilakukan bersama dengan mahasiswa its yang bertempat pada amphitheater Universitas Airlangga. Kurangnya edukasi politik pada kepengurusan saat ini menjadi kendala yang dihadapi. Kementrian Sospol, juga mempertanyakan dimana kehadiran dari pihak BLM untuk mengawasi dan membantu saat kegiatan berlangsung, karena pihak kementrian tidak mendapatkan pengawasan sama sekali dari pihak BLM.

Kementrian Ekonomi Kreatif

Semua program kerja telah terlaksana. Kendala yang dialami yaitu wakrtu yang tidak sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Kementrian Ekraf menanyakan perihal pihak BLM yang kurang dalam mengawasi dan memantau. Selain itu, SOP dari pihak BLM masih belum masuk dan undangan yang terlalu mendadak.

Kememtrian Dalam Negeri

Semua program kerja sudah pada tahap pengerjaan LPJ. Pada proker magang masih melakukan pengajuan sertifikat pada tgl 2 Januari 2024. Closing party akan dilaksanakan pada bulan Januari. Program kerja insidental dan situsional dilakukan untuk membantu dalam surat kepengurusan serta LPJ agar tidak kesusahan pada awal kepengurusan. Semua yang dilakukan oleh blm selalu mendadak.

Kementrian Advokesma

Pada advoinfo proses share masih dilakukam, namun terdapat kendala yaitu pada instagram BEM sedang diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga advoinfo dibagikan pada channel telegram. Selain itu, informasi akademik juga terkendala pada instagram BEM. DANKESMA telah mendapatkan dana sebesar Rp.3.500.000. Kemudian, ADPODCAST telah terupload pada youtube, namun untuk ADPODCAST pada bulan Desember masih proses upload. Kementrian Advokesma menanyakan keberadaan BLM, sebagai contoh pada saat sosialisasi banding ukt yang diadakan oleh pihak Kementrian Advokesma, pihak BLM sudah diundang namun tidak datang saat sosialisasi dilaksanakan.

Kementrian Keagamaan

Kajian rutin berkolaborasi dengan SKI. Namun, pada liburan semester 2 tidak melaksanakan kajian sehingga dua kajian digabung menjadi satu kegiatan. Semarak ramadhan berkolaborasi dengan Kementrian Ekraf. Kemudian akibat Santri Fest tidak ada panitia yang mendaftar, sehingga kegiatan sempat terkendala dan memutuskan untuk mengubah konsep. Lalu untuk perayaan natal dilakukan pada tanggal 31 Desember 2023, rencana awal perayaan natal dilakukan pada malam natal yaitu tangga 24 Desember 2023 namun kegiatan tersebut bertabrakan dengan Vokarsa. Selain itu, banyak gereja yang tutup dan terkendala pada dana yang tidak cair. Pada saat pihak Kementrian Keagamaan mengalami kendala tidak terdapat bantuan apapun dari pihak BLM.

Begitulah serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama Monitoring dan Evaluasi II Harapannya, semoga bisa menjadi refleksi untuk setiap program kerja kementerian selanjutnya untuk dapat berjalan lebih baik tahun-tahun selanjutnya.

BACA JUGA : Monev 1 BLM Fakultas Vokasi Atas 180 Hari Kerja BEM FV UNAIR

***

Penulis : Yossa Fitria Anwar

Editor : Maulidatus Solihah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!