VOKASI UNAIR

Urgensi Pelatihan Digital Marketing dalam Bisnis Properti

Ilustrasi pelatihan digital marketing/freepik

VOKASI – Pelatihan digital marketing pada era digital ini menjadi penting khususnya bagi para agen marketing yang berkecimpung dalam bisnis properti.

Platform digital marketing saat ini sangatlah ramai dikunjungi oleh setiap orang. Banyak para perusahaan menggunakan platform ini sebagai tempat memasarkan produknya. Sehingga perusahaan terus memberikan pelatihan pelatihan tentang dunia digital marketing. Dalam artikel ini akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana perusahaan dapat menerapkan pelatihan tersebut agar bisa diterima dengan baik kepada para agentnya.

Pentingnya Pelatihan Digital Marketing dalam Bidang Jual Beli Property

Bisnis property saat ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Dilihat dari hasil penjualan yang sangat menguntungkan, banyak perusahaan property memanfaatkan platform digital marketing sebagai strategi penjualan. Karena digital marketing dirasa memiliki pasar yang luas. Dengan begitu para agent property diharapkan dapat mengikuti pelatihan digital marketing dengan baik yang diberikan dengan perusahaan mereka.

Membantu membangun branding untuk produk yang dipasarkan

    Branding dalam dunia bisnis sangat penting. Calon konsumen tidak akan tertarik untuk membeli produk, baik berupa barang atau jasa jika tidak mengenal dan meyakini bahwa produk tersebut berkualitas. Sebagai salah satu cara untuk meningkatkan branding adalah dengan melalui digital marketing. Karena itu pemilik bisnis dan tim yang membantunya perlu mempunyai pengetahuan yang cukup.

    Menjangkau konsumen lebih luas

    Persaingan usaha yang semakin ketat dengan banyaknya produk serupa dan harga lebih murah sering membuat pebisnis harus berpikir keras bagaimana bisa memenangkan persaingan. Semakin luasnya jangkauan pemasaran, akan meningkatkan potensi penjualan sehingga keuntungan meningkat.

    BACA JUGA: Branding Alumni dan Mahasiswa UNAIR, Optimalisasi Media Era Digital

    Jika menggunakan sistem pemasaran konvensional, yaitu harus bertemu langsung dengan konsumen, maka potensi pemasaran terbatas. Sebaliknya, dengan menggunakan sistem pemasaran secara digital, pengusaha bisa meningkatkan jangkauan pemasaran. Calon konsumen dari mana saja dapat menemukan produk tersebut di internet dan membelinya.

    Merupakan cara pemasaran yang murah dan efisien

    Biaya pemasaran bagi seorang pebisnis bisa menjadi pengeluaran yang jumlahnya besar. Ini akan berdampak pada harga jual produk sehingga menurunkan daya saing. Sebagai salah satu antisipasi adalah dengan memasarkan secara digital.

    Tanpa harus mempunyai atau menyewa toko dan banyak tenaga kerja, pebisnis bisa memasarkan produknya. Pemasaran secara online atau digital juga tidak terbatas waktu atau jam operasional. Secara tidak langsung, setelah mengunggah konten penjualan, maka produk tersebut akan terus ditawarkan selama 24 jam. Dengan demikian, penjualannya bisa terus meningkat.

    Mudah menentukan target market

    Tidak sedikit produsen yang menghasilkan produk berkualitas, tetapi tidak laku di pasar. Beberapa kasus, kesalahannya karena tidak tepat dalam membidik target market, produk tersebut dipasarkan kepada orang atau pihak yang tidak membutuhkan sehingga jumlah penjualan rendah.

    Agar produk berkualitas bisa ditemukan oleh orang yang membutuhkan, pebisnis perlu mengetahui target market dari produknya. Berbekal data ini, tim pemasaran akan lebih mudah menemukan calon pembeli. Selain itu, dengan mengetahui target market yang diinginkan, bisa membantu pebisnis dalam mendesain produk sesuai dengan kebutuhan mereka.

    Bisa meningkatkan loyalitas konsumen

    Persaingan bisnis yang ketat menjadi salah satu tantangan bagi pengusaha dalam menjalankan dan mempertahankan usahanya agar terus bisa berjalan.

    Produsen perlu memahami bagaimana karakteristik konsumen dan terus memberikan pelayanan terbaik.

    Kedekatan konsumen dengan produk akan meningkatkan loyalitasnya sehingga meski banyak produk baru, tetap memilih apa yang sebelumnya sudah digunakan. Cara untuk meningkatkan loyalitas konsumen di antaranya dengan menjalin komunikasi secara tidak langsung.

    Beberapa Materi yang Bisa Diberikan saat Pelatihan Digital Marketing
    • Strategi Pemasaran Digital – membahas tentang bagaimana membuat strategi pemasaran digital yang efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis
    • SEO (Search Engine Optimization) – membahas tentang bagaimana memoptimalkan situs web agar muncul pada halaman pertama hasil mesin pencari.
    • PPC (Pay-Per-Click) – membahas tentang bagaimana menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas dan menarik trafik ke situs web.
    • Social Media Marketing – membahas tentang bagaimana menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan dan membangun hubungan dengan audiens.
    • Email Marketing – membahas tentang bagaimana menggunakan email untuk mengirimkan pesan pemasaran dan membangun hubungan dengan pelanggan.
    • Content Marketing – membahas tentang bagaimana menggunakan konten berkualitas untuk mempromosikan produk atau layanan dan membangun hubungan dengan audiens.
    • Web Analytics – membahas tentang bagaimana menganalisa data dan mengukur efektivitas strategi pemasaran digital.

    Dengan menerapkan langkah-langkah ini anda dapat memberikan pelatihan digital marketing dalam bisnis property dengan baik dan menciptakan agent property yang mempunyai pengetahuan ilmu digital marketing terutama dalam bidang jual beli property.

    ***

    Penulis: Fikry Dimas Zanuar; Edwin Fiantiano – Program studi Manajemen Pemasaran.

    Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

    Share Media Sosmed

    Pilihan Kategori

    Name Link
    Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
    Panduan Prosedur Peliputan
    Panduan Penulisan Artikel

    Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!