VOKASI UNAIR

Kuliah Dengan Industri? Intip Serunya Guest Lecture D4 Manajemen Perkantoran Digital UNAIR!

Intip Serunya Guest Lecture D4 Manajemen Perkantoran Digital dengan FIFGROUP_Dokumen Istimewa

VOKASI NEWS – Program Studi D4 Manajemen Perkantoran Digital UNAIR menyelenggarakan Kuliah Tamu mengenai industri di era digital dengan FIFGROUP dan PT. Astra Internasional TBK.

Bertajuk “Masa Depan Profesi Lulusan Perkantoran Digital (Industrial Perspektif)” pada hari Kamis (15/2), kuliah tamu berlangsung dengan lancar. Acara ini menghadirkan narasumber hebat seperti Dr. Ginanjar Rahmawan, SE, MM, MH. Selain itu, turut dihadirkan juga Fajar Ramadhan, Stefanus Martin, serta Adrian Citra FIF GROUP yang merupakan anak cabang dari PT. Astra Internasional TBK.

Kuliah tamu ini dibuka oleh Kaprodi D4 Manajemen Perkantoran Digital, Bapak Rahmat Yuliawan. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa tentang prospek kerja dan keahlian yang dibutuhkan di era digital. Para narasumber memaparkan materi dengan cara yang interaktif dan kreatif.

Marketing Research

Oleh karena itu, pemateri mampu membangun suasana yang menyenangkan dan sehingga tidak membuat para mahasiswa jenuh. Dalam kesempatan ini, Dr. Ginanjar memberikan materi mengenai marketing research. Materi ini sangat menarik karena dalam era yang serba digital ini mau tidak mau semua aspek industri harus menganut dalam berkembangnya teknologi.

“Ketakutan muncul dari pikiran kita sendiri, sehingga ketakutan tersebut berhasil menghalangi kemampuan yang kita miliki sehingga kita tidak pernah maju untuk memulia. Jangan takut berproses, karena kita tidak tau mana proses yang akan menjadi jalan kita,” pesan Dr. Ginanjar kepada audience.

Acara dilanjut oleh 3 pelaku industri hebat lainnya dari FIFGROUP. Pertama-tama audience diberi pengenalan mengenai PT. ASTRA Internasional TBK dan FIFGROUP. Tidak hanya itu, terdapat juga materi mengenai lini bisnis dari FIFGOUP yang dibungkus dengan memukau. Dengan informasi yang menarik, mampu membuat para mahasiswa berbondong-bondong untuk mengajukan pertanyaan.

FIF GROUP dan PT. Astra Internasional TBK

Bapak Martin mengatakan jika PT. ASTRA Internasioal TBK sangat peka terhadap arus digital yang sangat cepat. Mereka memanfaatkan scoring digital untuk melihat karakteristik klien, system sudah menggunakan teknologi yang canggih sehingga tidak ada yang manual, dan aktif dalam menggunakan digital marketing. FIFGROUP hadir untuk membantu pembiayaan konvensional dan syariah melalui berbagai lini bisnisnya. Adapun 5 lini bisnis dari FIFGROUP yaitu sebagai berikut:

  1. FIFASTRA, membantu pembiayaan motor baru,
  2. SPEKTRA untuk pembiayaan alat elektronik, perabot rumah tangga, dan gadget,
  3. DANASTRA menjawab konsumen dalam pembiayaan modal kerja atau kebutuhan lain (modal menikah, Pendidikan, liburan, dan biaya yang bersifat konsumtif lainnya),
  4. FINATRA memberikan solusi mengenai pembiayaan untuk UMKM, dan
  5. AMITRA yang membantu dalam pembiayaan umroh, haji, dan emas.

Danastra, Finatra, dan Spektra adalah brand services dari FIFGROUP yang masing-masing memiliki fokus dan target pasar yang berbeda. Danastra bergerak di bidang kredit mikro dengan jaminan kendaraan bermotor, memiliki kriteria peminat tertentu, dan keunggulan dalam kecepatan pembiayaan, ketersediaan dana, besar pinjaman, transaksi, dan harga pasar. Finatra berfokus pada pembiayaan produktif untuk UMKM dengan target sektor yang beragam. Meskipun memiliki usia yang muda, Finatra memiliki jangkauan area bisnis yang luas. Sementara itu, Spektra membiayai barang elektronik, furniture, dan gadget dengan cara kerja business to business dan memiliki banyak event.

BACA JUGA: Menuju Pusprenas: Adu Argumen Sengit dalam Seleksi Debat Vokasi Unair

Kuliah tamu ini memberikan banyak informasi dan inspirasi bagi para mahasiswa tentang masa depan profesi di era digital. Dengan adanya kuliah tamu dari pemateri-pemateri hebat ini, diharapkan dapat memanfaatkan ilmu dan keahlian yang diperoleh untuk menjadi tenaga profesional yang handal dan sukses di masa depan.

***

Penulis: Nadea Yiyian Salsabila

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!